Posted by: fullofhazard | April 5, 2008

YouTube akhirnya diblokir oleh Pemerintah

Kurang lebih 210 juta pengguna Internet di China dipastikan tidak akan mendapat akses ke YouTube terkait dengan blokir akses yang dilakukan pemerintah China terhadap YouTube. Blokir akses terhadap YouTube di China ini dilaporkan terkait dengan penayangan video penanganan protest demontrasi rakyat di Tibet terkait oleh kebijakan pemerintahan komunis China.

Blokir akses terhadap YouTube dilakukan oleh pemerintah China sendiri sebagai bentuk antisipasi pemerintahan komunis ini terhadap tayangan yang tidak mereka inginkan untuk dilihat masyarakat China sendiri. Video kerusuhan yang ditayangkan di YouTube itu sendiri merupakan hasil reportase demonstrasi anti-China yang terjadi pada hari Jumat (14/3) yang lalu di Tibetan Capital, Lhasa.

Seperti yang diketahui, sebelum China mengirimkan pasukannya pada tahun 1950 untuk menduduki, Tibet merupakan sebuah wilayah merdeka. Pada kerusuhan Jumat (14/3) yang lalu dilaporkan sejumlah warga Tibet membakar mobil polisi serta sejumlah toko milik warga China sebagai aksi protes mereka terhadap pemerintah komunis China. Terkait hal tersebut, Dalai Lama mendapat panggilan investigasi pada hari Minggu (16/3) kemarin. Dalam beberapa hari terakhir ini menurut laporan CNet telah lebih dari 80 jiwa melayang dalam kerusuhan-demonstrasi yang terjadi.

Pemerintah China sendiri menolak memberikan komentar terkait dengan blokir akses yang mereka lakukan terhadap YouTube. Namun sejak 30 Januari yang lalu Beijing memang telah memperketat batasan akses Internet bagi warganya, termasuk akses video-sharing, kecuali bagi kepentingan pemerintah.

Blokir akses sendiri sebenarnya bukan hal yang baru bagi YouTube, karena sebelumnya YouTube juga telah beberapa kali mendapat blokir akses baik dari pemerintah Turki, maupun Pakistan. Hanya saja yang membuat blokir kali ini mungkin lebih berpengaruh adalah karena jumlah kehilangan akses yang diderita YouTube kali ini lebih besar, karena seperti yang diketahui, China sebagai negara dengan jumlah populasi tertinggi di dunia mempunya angka surfer (pengguna Internet) yang tinggi pula, yaitu sekitar 210 juta pengguna. Itulah mengapa blokir akses China terhadap YouTube lebih mendapat perhatian…..Dibandingkan di Indonesia….

Di Indonesia sendiri YouTube sudah diblokir…
Akses YouTube yang melalui Indonesia Internet Exchange (IIX) sudah diblokir Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Hal ini dilakukan sesuai mandat Menkominfo Mohammad Nuh.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum APJII Sylvia Sumarlin kepada BG-FREAX COMMUNITY, Jumat (4/4/2008). Meski sudah dilakukan pemblokiran, Sylvia tidak berani menjamin akses YouTube di tanah air sudah terblokir sepenuhnya. “Karena ada jalur lain, biasanya ISP punya redundant,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Sylvia, pihaknya telah melakukan dua langkah untuk merespons surat edaran permintaan Menkominfo terkait peredaran film Fitna di internet. Yaitu dengan metode flagging dan blokir dari IIX.

Sebelumnya, pemerintah pada tanggal 2 April 2008 telah mengirimkan surat kepada para penyelenggara jasa internet untuk memblokir situs dan blog yang menyebarkan film Fitna. YouTube pun diberi tenggat waktu dua hari untuk melakukan penghapusan konten tersebut.

Menurut Sylvia, YouTube bukanlah situs terlarang, namun hanya salah satu kontennya saja ada yang negatif. “Di YouTube kan banyak konten, dan banyak juga kok konten di situs ini yang bagus-bagus,” tukasnya.

APJII selanjutnya juga bakal berkoordinasi dengan Mastel, Imoca, Awari dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan mekanisme pemblokiran situs-situs terlarang yang beredar di dunia maya. “Kan bukan ini (YouTube-red.) saja, kita gak mau diskriminatif,” tandas Sylvia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: