Posted by: fullofhazard | April 5, 2008

Blogger digunakan untuk kepentingan Militer

Sebuah studi yang dilakukan untuk militer Amerika Serikat (AS) menyimpulkan, blogger seharusnya direkrut dalam menangani konflik perang masa depan.

Studi bertajuk ‘The Blogs and Military Information Strategy’ ini disiapkan selama 2 tahun, melibatkan lembaga Joint Special Operations University. Tujuannya untuk menganalisis pemanfaatan blog dalam dunia militer.

“Strategi informasi dapat dilakukan dengan menyewa atau merekrut blogger yang familiar dengan target yang dituju seperti negara, komunitas atau grup,” demikian salah satu bagian dalam laporan tersebut seperti dikutip BG-FREAX COMMUNITY dari detikinet.com.

Misalnya, beberapa blogger disewa untuk menyerang target seseorang secara verbal atau untuk menyebarluaskan pesan-pesan tertentu dari AS. Hal ini dinyatakan perlu dipertimbangkan oleh militer dalam rangka mengusik musuh.

Namun demikian, studi ini juga mengemukakan risiko pemanfaatan blogger semacam itu. Misalnya saja, blogger ditangkap pihak musuh dan akhirnya diketahui sebagai mata-mata AS.

Selain itu, ada kemungkinan penolakan dari blogger yang tak ingin kehilangan kredibilitas mereka karena dibayar AS. Sebagai alternatifnya, militer bisa ‘membentuk’ blogger sendiri sesuai keinginan dan kemudian memanfaatkannya di negara target.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: